Tuesday, March 9, 2010

RODA GIGI


Roda gigi ialah roda yang mempunyai gigi-gigi pada kelilingnya yang digunakan untuk meneruskan daya dari roda satu ke roda lain yang berkaitan dengan roda gigi pertama tersebut. Roda gigi merupakan salah satu komponen penting dalam permesinan yang difungsikan sebagai alat transmisi. Selain cara transmisi menggunakan roda gigi, terdapat juga transmisi menggunakan rantai dan sabuk. Tapi roda gigi mempunyai kelebihan dibandingkan dengan transmisi rantai maupun sabuk karena lebih ringkas, putaran lebih tinggi, putaran lebih tepat dan daya lebih besar. Pemakaian roda gigi sebagai alat transmisi telah menduduki tempat terpenting di segala bidang selama 200 tahun terakhir ini. Penggunaanya dimulai dari alat pengukur yang kecil dan teliti seperti jam tangan, hingga roda gigi reduksi pada turbin besar yang berdaya puluhan megawatt.
Roda gigi diklasifikasikan menurut letak porosnya menjadi tiga macam. Yaitu roda gigi dengan poros sejajar, roda gigi dengan poros berpotongan, dan roda gigi dengan poros silang. Pada gambar dibawah ini merupakan roda gigi poros sejajar dengan macam roda gigi lurus.
            Terdapat beberapa perhitungan dalam roda gigi ini meliputi cara pembuatannya, kecepatan putaran 
pada roda gigi tersebut dan gaya yang bekerja pada roda gigi. Disini hanya kan dibahas mengenai perhitungan kecepatan putaran roda gigi yang mencakup kecepatan sudut dan kecepatan 

No comments:

Post a Comment